14/06/17

TENANG.

Suatu aktivitas diam disebut tenang bahkan bisa merupakan suatu permintaan agar seseorang sedikit bersabar, berbesar hati, misalnya dalam pelbagai perkara apa pun. Mereka tenang atau santai saja menghadapinya. Contoh ungkapan: Tenang saja, saya yang mengurusnya. Ada pula contoh kalimat: Kamu tolong tenang! Itu contoh bagaimana kalimat yang berdasar pada kata tenang yang dimengerti sebagai ungkapan dalam versi bahasa Indonesia.

Namun, yang dimaksudkan penulis di sini adalah tenang dalam versi bahasa Manggarai. Tenang dapat dimengerti sebagai kumpulan dari kata: tena, na dan nang.

Pertama, tena. Tena itu artinya menyusun, memagari, pagari, membuat dalam susunan-susunan, misalnya memagari kebun dengan batu seperti tanggul yang rapi atau bisa memagari kebun dengan kayu atau bambu, pohon-pohon lainnya, bisa juga menyusun tembok dari batu bata atau batu yang sudah dihaluskan rata sebelahnya. Contohnya: Tena koe uma hio le nana, boto ngo one motang - coba pagari kebun itu agar babi hutan tidak nyelonong masuk ke dalam kebun

Kedua
, na. Na artinya perhalusan karena perasaan kasih yang amat sangat dari seseorang. Seseorang itu berupa Ibu, saudari dan kekasih gadis. Contohnya: Na, ngo nia ite - sayang kamu ke mana?

Ketiga
, nang. Nang itu artinya sampai, hingga, hingga sampai. Contoh: Nang nian keta lewen lako dite ho'o to'ong - hingga sampai di mana saja perjalanan kita hari ini. Contoh kalimat lain: Aku momang ite nang tedeng len - aku mencintai kamu hingga akhir hayat!

Nah, dari pembahasan tersebut dapat diambil sarinya, bahwa tenang adalah suatu aktivitas memagari dengan menyusun secara rapi seperti cinta dan pengorbanan seorang Ibu terhadap anak lelakinya hingga darah penghabisan.

Lalu,

Dua pengertian tenang berdasarkan arti katanya:

1). Tenang sebagai aspek mengingat, mneumonik, kangen atau rindu.

Berdasarkan struktur kata dalam tenang, yang dimengerti dengan defenisi di mana sebagai sebuah aktivitas mengingat yang amat sangat, rindu yang amat dalam pada seseorang bahkan dimengerti sebagai aktivitas mengingat kisah kasih atau pilu di masa lampau. Tenang di sini adalah rindu kian.

2). Tenang sebagai aspek memerangkap.

Tenang di sini dimengerti sebagai aktivitas menangkap dengan perangkap, misalnya tenang wase rente, tenang nggepit, tenang campat. Lazim menangkap ikan, tikus, dan unggas menggunakan perangkap. Tenang di sini adalah sebuah harapan, impian, cita-cita melalui suatu pencarian daya dan upaya sembari berharap hal itu terwujud, asa yang menjadi nyata.

Itulah arti kata tenang versi Manggarai.

Ada sebuah lirik lagu yang mengekspresikan tentang tenang dalam bahasa Manggarai.

Tenang, tenang koles
Tenang koles, tinu momang ema yo...o...
Ema, ema weong nai ge...


Tenang, tenang koles
Tenang kole, tinu momang ende yo...o...
Ende, ende weong nai ge...

Dempul wuku tela toni
Kudut mangan hang bara
Wengko weki de anak me
Ema yo, ende yo.....
Tiba de somba de anak me
Ende yo, ema yo.....

Lazimnya tiba somba de anak me adalah tenang. Wujud konkret dari somba de anak itu adalah teing hang ela tinu.

Ditulis oleh: Melky Pantur, Kamis (15/6/2017).


Foto: Arnoldus Sanpepi Juang Pantur (kanan) dan Vinsensan Jovialen Perki Pantur (kiri) tengah bermain. Yah, ketika Ayah atau Ibu mereka keluar kota lalu diajak oleh orang lain mencicipi makanan enak, si Ayah lalu ingat pada kedua puteranya. Maunya, makanan enak itu diberikan saja kepada kedua puteranya. Saat mengingat itulah disebut tenang. Rindu pada merekalah disebut tenang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar