23/02/18

Kuncang.


[Kuncang dalam bahasa Manggarai, Flores, atau parijoto ini saya (Melky Pantur) potret tepat di Mbelaing, Desa Pong Lale]

Buah Parijoto, Benarkan Memperbaiki Kesuburan?

Benarkah buah parijoto dapat memperbaiki kesuburan?
Sebelum membahas hal itu, kita bedah dulu kandungan buah ini. Buah ini mengandung kardenolinsaponinflavonid (terutama pada buah), semuanya adalah sumber antioksidan yang signifikan. Selain itu, warna ungu pada parijoto menunjukkan kandungan beta karoten yang kuat.


Pada kesempatan terpisah, Dr. dr Taufik Jamaan, SpOG, dokter kandungan yang berpraktik di RS Hermina Jatinegara mengatakan, buah atau sayuran yang kaya antioksidan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan.

Ini bukan isapan jempol belaka. Penelitian yang dikumpulkan di Cochrane Collaboration Inggris menyebutkan, tingkat kehamilan dapat ditingkatkan lewat kecukupan antioksidan. Riset itu menyebutkan, Mama yang mengonsumsi antioksidan empat kali lebih berpeluang hamil dibandingkan yang tidak.
Tidak hanya Mama, kesuburan Papa juga dapat meningkat bila mengonsumsi makanan yang sarat antioksidan. Berdasarkan 96 kehamilan yang terjadi dari 964 pasangan dari 15 studi  diantaranya, peneliti menemukan penggunaan antioksidan pada para pria. Hasilnya, antioksidan ternyata dapat memperbaiki kesuburan pria, ungkap para peneliti dari University of Auckland, di New Zealand.


Tidak hanya antioksidan, beta karoten  yaitu senyawa organik yang umum terdapat pada buah dan sayuran berwarna ungu, hijau tua, kuning, dan oranye, juga berperan dalam meningkatkan kesuburan, alias meningkatkan peluang Mama untuk hamil dan punya momongan. Ini karena beta karoten dapat menjaga kualitas telur.
Bagi Papa, beta-karoten pada wortel diduga berperan dalam memperbaiki motilitas (kemampuan gerak) sperma yang tinggi, sedangkan likopen  membuat bentuk dan struktur  sperma menjadi lebih baik. 


Meski memperbesar peluang punya anak, pesan dr. Taufik, selain konsumsi makanan mengandung antioksidan dan betakaroten, jangan lupakan juga gaya hidup sehat yang tak kalah penting untuk memperbesar peluang untuk punya anak, yaitu tidur yang cukup, rutin berolahraga, berhubungan intim secara teratur, dan menghindari stres.
Bila gaya hidup sehat telah dijalani dan makanan peningkat kesuburan sudah dikonsumsi, jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan bila Mama belum juga mendapatkan momongan. Siapa tahu ada faktor lain yang menghambat Mama untuk punya anak seperti penyakit, kelainan organ reproduksi, dan lain-lain, sehingga bisa diatasi hingga tuntas.
Sumber asli.

http://nakita.grid.id/read/021947/sulit-punya-anak-cobalah-konsumsi-buah-parijoto-warisan-sunan-muria-ini?page=all

Tidak ada komentar:

Posting Komentar