17/06/18

Ini Arti dari Kota Komba.

Ditulis oleh: Melky Pantur***),
Senin (18/6/2018).
View Wae Lengga di dekat  Wae Wole dan Aimere. Foto diambil oleh: Hironimus Dale, Kamis (14/6/2018).

Arti Kata.

1. Kota.

Kota adalah bahasa Nuca Lale, Manggarai, Flores, NTT yang artinya tembok, pagar, tanggul yang disusun dari batu-batu tanpa diberi semen. Sedangkan, kena hampir sama dengan kota hanya saja kena atau pagar tersebut terbuat dari palangan kayu, ditanam lalu dipalang. Kena bisa dari kayu, bisa juga dari bambu. 

Dalam istilah orang Manggarai: neka koas neho kota, neka behas neho kena - jangan terbongkar seperti pagar. Namun perlu disadari, kota sebenarnya adalah pilar, batu pilar. 

2. Komba.

Komba terdiri dari dua kata, yakni kom dan ba. Kom adalah suatu pertanyaan seruan sebagai sebuah kesangsian, kemungkinan (probability). Seruan tersebut, berupa: Bagaimana (kah), apa (kah), betul (kah), benar (kah), sungguh (kah). Sedangkan, ba artinya membawa (serta)? Ikutdisertakan? Dengan demikian, komba artinya apakah dibawa? Apakah membawa?

3. Kota Komba.

Berdasarkan penjelasan di atas, kemudian kita mengambil sebuah sintesa sebagaimana sintaksis berikut: Apakah Anda membawa pilar? Apakah kalian membawa serta dengan pilar? 

Kilasan Kata Berdasarkan Datum Sejarah.

Zaman lampau, orang-orang di Nuca Lale hidup nomaden. Mereka pun berburu sembari membuka lahan kebun baru. Dalam komunitas, pemimpin kampung atau rombongan bergegas selalu memberi tanda khusus oleh pilar (kota). Sang pemimpin akan bertanya kepada anggota kelompoknya: Apakah kalian membawa pilar? 

Nah, karena sebuah pertanyaan tersebut maka dipastikan lahirlah istilah Kota Komba. 

Nama Sebuah Kampung.

Di wilayah Manggarai Timur terdapat sebuah kampung namanya Komba. Lalu, ada sebuah batu yang tersusun seperti kota atau watu katur. Atas dasarlah itulah, wilayah di sana disebut Kota Komba. 

Relevansinya dengan Watu Rongga Susu.


Zaman baheula khususnya pada zaman batu, orang-orang di Manggarai Timur sangat kental dengan pemanfaatan pilar. Setiap nenek moyang yang dikuburkan, di kepala dari sebuah kuburan diberi tanda khusus berupa batu pilar (kota). Nah, kota itu seperti pilar tersebut. 

Lih. gambar:

Gambar diambil oleh: Melky Pantur, Kamis (14/6/2018). Ini adalah kuburan kuno tepatnya di Taka Teang, Mangga Leko, Wae Lengga. 

Seputar Kota Komba. 

Gambar di bawah diambil pada, Kamis (14/6/2018).






Lapangan Wae Lengga.




Note: Informasi lain akan ditambahkan oleh Penulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar