07/03/20

Wisata Bersejarah Watu Benta di Flores

Lokasi wisata Watu Benta cocok menjadi lokasi "wisata berteriak" di mana orang-orang bisa berteriak untuk melepaskan kepenatan.

Lokasi wisata keren di Watu Benta, Desa Bangka Ruang, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, Asia. Watu Benta persis di dekat Nanu. Rute : Ruteng-Kuwu-Beokina-Lenteng-Nanu- SDI Watu Benta.

Watu Benta Ada Dua.






Watu Benta ada di dua lokasi tetapi kesemuanya berada di Kecamatan Rahong Utara. Watu Benta yang satu ada di Kampung Pasa, Desa Tengku Lese, satunya lagi berada di Desa Bangka Ruang. Lokasi wisata dekat Watu Wale itulah Watu Benta yang memiliki sejarah tersendiri.

Disebut Watu Benta karena ditempat ini orang-orang zaman dulu memanggil siapa saja di lembah dekat Wae Ri'i untuk keperluan tertentu. Di Tengar, Ndoso, Kecamatan Ndoso, ada pula disebut Watu Wale (tempat di atas sebuah batu untuk menjawab panggilan). Watu Benta artinya tempat di mana orang-orang memanggil.

Benta artinya memanggil, wale artinya menjawab.

Menjadi Lokasi Wisata.

Lokasi ini cocok sekali sebagai lokasi orang berteriak. Kalau mau berteriak sepuas-puasnya, silakan ke sana. Zaman now, orang tidak mau berteriak karena rasa malu. Sekarang, rasa malu itu bisa pulih silakan ke Watu Benta. Berteriaklah sepuas-puasnya di sana. Ini memang lokasi berteriak.

Kalau Anda juga mau berteriak sepuas-puasnya, silakan ke Watu Radi (watu compang) di Sampar, Desa Pong Lale, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Berteriaklah sepuas-puasnya ketika Anda berada di atas puncak batunya.

Wae Ri'i.

Sungai Wae Ri'i mengalir dari Golowelu, Porong Tedeng, Ntalung, Coal, Wela, Lida, Lewur, Pajo. Air dari Puar Lewe, RTK 111 Meler-Kuwus bagian utaranya semuanya menuju ke Wae Ri'i dan tiba di Wae Pesi, Reo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar