20/04/20

Bom Tombos Cokol, Bom Turas Tuda!

Sebelum didalami apa makna dari kalimat di atas, terlebih dahulu diawali dengan arti katanya:

Bom : Maunya, karena tidak, yah memang, yah tidak mungkin, yah tidak.

Tombo: Menceritakan, memberitahu. Tombo (ditambah dehakamenpresty s menunjukkan pada penekanan dan pemberitahuan, pengkabaran dan penceritaan).

Cokol: Pinjam, meminjam.

Tura: Menceritakan secara luas, mengumunkan.

Tuda: Meminjan dengan sistim ijon. Lazimnya berlipat ganda dari ukuran sebelumnya. Misalnya, meminjan 1 kilogram akan dikembalikan 2 kilogram.

Ungkapan ini maknanya sangat luas. Ungkapan ini tidak berarti seseorang harus meminjam sesuatu dengan orang atau badan tertentu untuk mendapat bunga dari pinjamannya. Tidaklah demikian!

Makna ungkapan di atas adalah semenderita apa pun seseorang, semiskin apa pun ia, ia tidak akan mengeluh dan menyampaikannya kepada siapapun keadaannya itu ketika ia membantu sesamanya yang miskin. Ia menyimpan semua perkaranya di dalam hatinya dan menguncinya rapat-rapat sebab percuma ia mengeluh, tidak ada yang dapat menolongnya ---bukan karena menutup diri atau kuper (kurang pergaulan). Contoh, ada yang malah miskin tetapi memiliki welas asih membantu sesama yang miskin. Di sini, meski orang bersangkutan yang membantu itu hidupnya amat susah. Apa yang dikatakannya: Bom tombos cokol, bom turas tuda. Arti dari ungkapan ini adalah saya juga miskin tetapi perkara itu saya tidak menyampaikannya kepada kalian. Tidak berarti untuk mempertahankan hidup harus meminjam uang ke mana-mana demi suatu kemewahan.

Silakan baca juga ini: Perbedaan Tala Ela Wase Lima dan Hambor

Ungkapan di atas adalah suatu prinsip bahwa apa pun tantangan kemiskinan, harus dihadapi, harus diterima, jangan dihindari tetapi tabah sembari bekerja keras. Mental meminjam untuk suatu kilau-kilauan adalah bentuk kontras dari ungkapan di atas.

Orang yang karena ketidaktabahannya dalam penderitaan maka akan terjadi lino pong toe jari. Lino pong toe jari terjadi karena ada prinsip arogan dalam hidup aku kanang ro'ang le poco (aku saja orang terhebat di bumi). Prinsip aku kanang ro'ang le poco berbanding terbalik atau sangat kontras dengan prinsip hidup bom tombos cokol bom turas tuda.

Prinsip bom tombos cokol, bom turas tuda dapat diartikan penderitaanku kutanggung sendiri dan menyimpannya pula di dalam hatiku apa yang menjadi keluhanku.

Melky Pantur***).
Selasa, 21 April 2020.
Ruteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar