01/04/17

JOKO WIDODO.

Ditulis oleh: Melky Pantur***, Minggu (2/4/2017).

Sosok.

Orang Indonesia pasti sudah mengenal dengan nama ini. Ini nama Presiden RI ke-7. Seorang tokoh yang paling popular dan merakyat dengan memakai nama kabinetnya sebagai KABINET KERJA.

Teks Arti Nama.

Nama adalah tanda, demikian ungkapan orang. Saya kaji sedikit seturut versi yang saya pikirkan. Nama adalah jalan, kebenaran dan hidup. Semua nama ada artinya, ada makna dan maksudnya.

Pertama, Joko.


Presiden RI Ke-7, Ir. Joko Widodo.

Joko bisa berarti joke - Inggris artinya lucu. Joke o menjadi seruan yang artinya lucu o. Jok dapat berarti jok sepeda motor atau tempat penyimpanan barang yang nyaman. Disadur dari sumber lain, Joko dalam bahasa Indonesia, artinya lelaki muda. Joko dalam bahasa Jawa, artinya anak muda. Joko dalam bahasa Indonesia, artinya pemuda yang sukses.

Kedua, widodo.

Wi merupakan cara penyebutan dari we dalam bahasa Inggris yang artinya kita, kami. Wi juga dapat berarti kata sifat, kata kerja. Sedangkan, do - English, yang artinya melakukan. Dalam bahasa Manggarai, do artinya banyak. Bila dodo, dalam bahasa Manggarai artinya kerja gotong royong. Dodo dipakai dalam pengertian kerja atau saling mengisi membantu, baik dalam suka maupun saat mepet. Kata dodo tampak dalam ungkapan: mose ho'o de dodo artinya hidup ini adalah kesalingan- bila aku susah hari ini, hendaklah kamu membantu karena saat susahmu kami tidak akan menutup mata. Kemudian, dkalam dunia musik, do itu adalah not 1 (satu). Dodo juga berarti salah satu nama burung endemik di India. Kemudian, dod adalah bahasa Manggarainya artinya banyaknya itu/mereka. Lalu, wido artinya prajurit wanita.

Dengan demikian, Joko Widodo artinya pemuda harapan yang sukses penuh humor dan dalam kehumorannya itu dia adalah pribadi yang memiliki sifat kerja yang mana sifat kerjanya itu dengan mengajak orang untuk menyelesaikan sesuatu dengan cara bergotong royong.

Apa korelasinya Presiden ke-7 memberi nama kabinetnya Kabinet Kerja? Mengapa dari harus dari Solo? Mengapa Wakilnya bernama Yusuf? Siapa itu Yusuf dalam pelbagai literatur? Hal itu, pembaca sendiri yang menjawabnya.

Bila dikaitkan dengan Presiden RI ke-1, Ir. Soekarno tampak merupakan pribadi yang tidak mengenal penolakan. Soekar atau sukar dapat diartikan sulit, rumit di mana beliau kerap menghadapi kesulitan pada masa hidupnya di bumi. Namun, dalam situasi sulit apapun pasti ada jalan keluarnya dan karena beliau nama soeka di mana orang menaruh harapan dan suka padanya. Jalan keluar itu adalah kata no yang melekat pada soekarnya. Soekarno berarti dia selalu mengatakan ya.

Sedangkan, Soeharto diambil dari beberapa sumber dibagi dalam beberapa kata soe/su, seohar, har, hart, art, harto, dan to. Su artinya sudah, soehar adalah bahasa Batak yang artinya terbalik, har berasal dari Sansekerta yang artinya perebut, hart adalah kartu harten berbentuk hati, art adalah bahasa Inggris yang artinya seni, harto dalam bahasa Jawa artinya kaya atau harta karum, dan to artinya kata seruan pelengkap akhir keterangan.

Tulisan di atas hanyalah olah akal penulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar