11/04/17

JALUR VIEW STRATEGIS DI MANGGARAI, FLORES.

Ditulis oleh: Melky Pantur***, Selasa (11/4/2017).

Jika Anda mau berwisata, inilah jalur dengan view yang sangat indah sejauh mata memandang di Manggara raya, Flores, NTT, Indonesia. Anda akan menikmati surganya dunia alam Nuca Lale, Flores. Saya memperkirakan, Anda mengambil jalur dengan mengambil jalur star awal dari Ruteng.

Anda berangkat dari lapangan Motang Rua. Lalu, Anda melewati jalur ke Bandara Frans Sales Lega. Sebelum masuk ke Bandara, ambil jalur ke arah timur lalu meluncur ke ujung Bandara Frans Sales Lega. Di sana, Anda akan melihat bentangan alam seputaran Timung, Mendo hingga ke hamparan cengkeh di Mano yang berhektar-hektar. Sungguh sangat indah.

Dari situ naiklah ke Golo Curu. Di Golo Curu Anda akan melihat Kota Ruteng, pengunungan Mandosawo, persawahan Cancar, bentangan alam Wae Ri'i yang menakjubkan.

Turun dari Golo Curu meluncurlah ke SMKN Wae Ri'i di Kenda. Di SMKN Wae Ri'i, naiklah di atas puncak sekolah tersebut. Lihatlah jamrud indah menyambut kelopak mata Anda dari empat sisi yang amat luar biasa.

Anda akan lebih takjub lagi. Dari SMKN Wae Ri'i menuju ke Ling dan Welong lalu ke meluncur ke Poco. Sebelum masuk Wudi di Cibal ambillah jalur ke Tengku Lae. Dari Tengku Lae meluncur terus Ting kemudian ambil jalur ke Rakas lalu ke Bea Mese. Di Bea Mese bergegaslah ke Watu Rambung yang tepatnya di Langkas, Cibal Timur. Dari Watu Rambung Anda putar ke Wae Naong lalu ke sebelah utara memasuki Benteng Jawa. Dari Benteng Jawa, Anda masuk lewat Weleng terus ke Dampek dan dari Dampek Anda harus meluncur ke Pota tepatnya di Teratai Tonjong. Untuk ke Dampek, Anda juga bisa mengambil arah timur selain jalur Weleng.

Dari Pota menuju ke Reo lalu ke Torong Besi. Sepanjang perjalanan dari Pota ke Torong Besi dan Lemarang, Anda akan dimanjakan dengan menikmati wisata pantai yang wuhai cantiknya. Dari Lemarang, Anda meluncur ke Kajong lalu ke Tengku Siwa di Reok Barat.

Dari Tengku Siwa, touris bisa terus ke Watu Timbang Raung di Rego lalu terus ke Pacar. Di Pacar, Anda akan melewati Noa. Dari Noa, Anda akan disuguhkan dengan panorama yang indah dengan kampung Sowang, Compang. Anda pun ketika tiba di Kaung dan Ngaet, Anda akan disuguhkan dengan jamrud yang luar biasa hingga memandang bentangan persawahan Lengkong Terang dan bentang lautnya yang biru serta lereng-lereng bukit yang jamrud mengapiti lembah persawahan dengan liukan sungai Wae Lengkong yang lekak lekuk.

Ketika melewati Ngaet, tepatnya di puar Limbung, ada danau yang indah, namanya Sano Limbung. Danau cantik itu ada di bagian timur di jalan menuju Terang.

Tiba di Lando meluncur ke Lekaturi lalu mengambil jalur ke arah barat menuju ke Labuan Bajo. Anda akan berjalan di tengah persawahan yang amat luas berhektar-hektar. Sebelum memasuki Rai, Anda akan berjalan ke Labuan Bajo menikmati lembah Boleng di tepi pantai dengan onggokan pulau-pulau kecil. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah karya Maha Pencipta.

Ketika tiba di Labuan Bajo, Anda wajib mengunjungi Batu Cermin, Batu Gosok hingga Pulau Bidadari. Anda pun bisa menikmati wisata Pantai Pede hingga ke Hotel Jayakarta. Bila ke Komodo dan Rinca, Anda pasti asyik terlena indahnya wisata bahari Labuan Bajo. Jika ke Warloka, Anda bakal melihat batu meja belum lagi melewati jalur laut menuju Lenteng, Anda melintasi selat Mulo dan onggokan bukit Golomori yang bersejarah itu dari selat Mulo.

Bila ambil jalur darat ke Golo Mori, Anda kemudian ke Nggorang lalu meluncur ke Warloka terus ke Lenteng dekat Pulau Rinca lalu ke Golo Mori. Anda akan melihat pulau-pulau yang indah. Lalu, Anda ke Sano Nggoang dan wisata di persekitaran Sano Nggoang. Dari Sano Nggoang, Anda bisa melewati Rekas menuju ke Malwatar terus ke Istana Ular. Dari Istana Ular kembali ke Lembor terus ke Nanga Lili. Dari Nanga Lili ambil jalur selatan menuju ke Borik di dekat Pulau Mules. Di Borik, Anda akan menikmati pantai pasir putih yang indah.

Dari Borik Anda bisa ke Wae Rebo. Anda akan merasakan sejuknya udara rimba di puncak bukit Poco Roko. Dari Wae Rebo, Anda akan menikmati wisata pantai hingga ke Nanga Ramut dan sekitarnya. Lalu, Anda tiba di Narang terus meluncur ke Todo. Dari Todo, Anda mengambil jalur lewat Kole tembus di Nte'er. Putar ke jalan negara menuju Labuan Bajo tepatnya jalur ke kanan di Weri Pateng menuju Lenteng Lelak di Lelak. Jangan lupa mampirlah ke Cunca Tara.  Dari Cunca Tara naiklah ke Gulang lalu ke Mbohang. Dari Mbohang ke Villa Alam Flores.

Di Villa Alam Flores, Anda akan melihat empat sisi dunia yang indah. Di bagian barat tampak, Anda akan melihat hamparan sawah di Lembor hingga ke bentangan laut Nanga Lili kemudian melihat  Poco Kuwus. Bagian timur, bentangan hamparan sawah Cancar hingga ke Ruteng dan Borong dan ke arah selatan, Anda akan melihat Iteng, pulau Mules dan lautnya yang biru merayu. Upayakan di Villa Alam Flores, Anda harus mendapat sunset atau sunrise. Di sana lokasi inspirasi yang keren amat.

Bila dari Mbohang, Anda bisa terus ke Gulang lalu ke Wae Cewe di Golowelu - hanya saja jalan raya belum tembus dari Gulang ke Wae Cewe. Anda dari Villa Alam Flores, bisa mengambil jalur turun ke Manggaluwa sebagai tempat persawahan contoh pertama di Manggarai. Anda melewati Maras dan Rentung dan tiba di Mbelaing. Putarlah ke jalur kiri arah ke Goloworok dan menuju ke Golowelu. Di Puar Lewe, Anda akan melihat kampung Lewur, Coal, Lando, Raka, Puntu, Momol, Lenggo, Nggawut, Senda, Lewat, Purek, Tentang, Poco Lesu, Ndoso termasuk Sirimese.

[Ini view dari Villa Alam Flores]

Tiba di Golowelu, sebaiknya Anda naik ke Gereja Paroki Hati Kudus Yesus Golowelu. Dari sana, Anda akan melihat hamparan sawah Terang dan laut yang membentang luas. Anda pun bisa melihat ke arah Cibal dan Manggarai Timur. Dari Golowelu, Anda meluncur ke Dahang terus ke Pora, Todo dekat Tentang lalu meluncur ke Nanu. Bila ada kesempatan bertandanglah ke Sirimese. Di Sirimese, tempat view molek yang turut membetahkan Anda.

Tiba di Nanu, Anda bisa ke Cunca Lega. Dari Cunca Lega, Anda terus ke Nanu kemudian menuju ke Lenteng - Rahong Utara. Di Lenteng, Anda bisa mengambil jalur kanan sebelum masuk ke Lenteng tembus ke Rahong. Sesampai di Rahong, Anda masuk ke Ndung lalu naik ke atas puncak pasir melihat Lingko Meler dekat Sampar dan Nggawang.

Setelah melihat Lingko Meler dan Cara, Anda ke tambak Dalo lalu melewati jalan negara di Rai. Tiba di Wangkung, Anda mengambil jalur kiri ke arah timur menuju Novisiat Kuwu. Di perempatan Novisiat Kuwu, Anda mengambil jalur kanan menuju Beo Kina. Dari Beo Kina, Anda meluncur ke Liang Bua melewati Langke. Dari Langke ke Teras kemudian Liang Bua. Kemudian, Anda ke Ranggi dan Golowatu lalu menuju ke Kampung Pering di Karot tembus ke rumah potong hewan di Mena. Lalu, tembus ke Terminal Mena dan menuju Wae Garit. Tiba di Bahong, ambil jalur kiri menuju Taga. Di jalur tersebut, Anda disuguhkan dengan bentangan sawah yang indah termasuk Pong Panas atau mata air panas di Lingko Lamba.

Tiba di Taga, Anda naik ke arah Gereja Paroki Golo Dukal lalu masuk kampung Ruteng Pu'u. Dari Ruteng Pu'u ke arah Leda menuju Stadion Golo Dukal tembus ke Polres lama lalu ambil jalur lintas luar menuju Konggang terus ke Golo Lusang. Di lintas luar, Anda bisa melihat onggokan bangunan di Kota Ruteng dari arah selatan.

Tiba di Golo Lusang, sempatkan diri ke arah Mesir di Poco Leok. Dari Poco Leok ke Golo Cala lalu ke Papang terus ke Ulumbu di Wewo. Dari Ulumbu menuju ke Helas, Nege, Cambir dan Nggorop. Dari Nggorop menuju ke Paka melewati jembatan terus ke Paka. Dari Paka ke Iteng lalu ke pesisir pantai selatan arah timur.

Sempatkanlah diri berselfie di Watu Penang. Dari Watu Penang dekat Koak, menuju ke Nanga Lanang lalu ke Cepi Watu di Borong. Dari Borong bergegaslah ke Watu Rongga Susu di Elar - Jika ada waktu. Dari Watu Rongga Susu kembali ke Borong mengikuti jalur Lehong menuju perempatan ke Biting dekat Colol lalu tembus Bea Laing terus menuju ke Ranamese. Sebelum ke Ranamese, bergegaslah sedikit ke Biting. Anda akan melihat indahnya Desa Uluwae, Colol dan sekitarnya.

Dari Biting pergilah ke arah Benteng Jawa tepatnya di sebelah utara cabang Dahang. Lihatlah, dari sana Anda akan melihat Kota Ruteng, Gunung Ranaka yang menawan nan megah kokoh. Dari sana Anda putar ke lembah Lamba menuju ke Bea Laing. Berusahalah mampir ke Ranamese.

Dari Ranamese hendaklah Anda ke Pong Dode di Mano dan sempatkan diri melihat Kampung Tua Adat Mano yang keindahannya mengalahkan Ruteng Pu'u. Dari Pong Dode bergegaslah ke arah Robo terus naik ke Puncak Gunung Ranaka, gunung tertinggi di NTT itu. Di sana Anda akan melihat sano mas mongko - telaga kecil yang indah.

Berada di puncak gunung ranaka, tentu Anda akan disuguhkan dengan bentangan alam yang indah mempesona. Dari puncak ranaka, ketika tiba di rumah Anda, Anda bisa menikmati kopi asali Manggarai yang sedap mewangi sembari mendengar musik gregorian dan musik klasik yang merdu membetah menawan.

Memandang view yang indah menambah inspirasi Anda.

[Teratai Tonjong di Pota]

[Tengku Siwa]

[Lodok Meler]

[Wae Rebo]

[Sano Nggoang - danau terbesar di NTT]

[Tarian Caci]

[Komodo]

Semua gambar di atas berasal dari Manggarai, Flores, termasuk Watu Rongga Susu.