04/09/18

Mimpi Bobek tentang Sobina Sidung

Ditulis oleh:
Melky Pantur***),
Ruteng.
Selasa (4/9/2018).


Penutur:
Herman Kiot.

Sebelum Sobina Sidung, perempuan asal Ranggi dilahirkan ke bumi, ibu kandungnya pernah bermimpi. Demikian penuturan Herman Kiot, anak laki-laki satu-satunya dari 6 buah hati.

Mimpi itu:

Sebelum Sobina Sidung lahir, Bobek ibu kandungnya bermimpi menimba air dari langit - teku wae eta mai awangAir itu muncul dari langit, entah darimana datangnya. Ia menadah saja air itu.

[Sobina Sidung]

Bobek kemudian menceritakan hal itu juga kepada suaminya Mbaka juga kepada anak perempuannya Sobina Sidung. Sobina Sidung yang kerap dipanggil Ende Lidu menceritakan itu kepada anak-anaknya.

[Suami, Gaspar Garung]

Hindu.

Dalam mitologi Hindu, salah satu Dewa Trimurti, Siwa mengalirkan air dari rambut-Nya dan air itu ada hubungannya dengan Dewi Gangga. Hal itu meski hanya suatu kepersisusahaan, yah karena kesamaan!

Ziarah Hidup.

Sobina Sidung dalam sejarah hidupnya sangat dekat dengan Tri Suci. Dan hal itu, Penulis (sebagai cucu langsung dari anak kandung perempuannya yang bernama Veronika Danut) mendengar dan melihat cukup banyak hal-hal yang dilakukannya, Ende Lidu. Ada banyak cerita yang diucapkannya yang sudah agak samar-samar lupa dari ingatan.

Kesaksian Penulis.

Dalam hidupnya, Sobina Sidung memiliki kedekatan dengan Yang Kuasa hal itu mirip dengan St. Agustinus dari Hippo, St. Stefanus martir, dan tokoh-tokoh penting lainnya dalam Kitab Suci.

Mimpi Ibunya, Bobek sebenarnya berarti menimba air yang dituangkan oleh Dewa Tri Tunggal Maha Kudus. Hal itu diketahui setelah ditelusuri Penulis dari berbagai refrensi.

Wae De'i.

Mimpi seorang ibu yang tengah mengandung adalah satu tanda wae de'i - garis ziarah hidup dari yang bersangkutan. Wae de'i atau disebut air kelahiran, dari mana, akan apa, sejauh dan hingga apa seseorang itu berziarah di bumi. Wae de'i sama dengan garis nasib.

Rumah Singgah Ziarah!

[Tempat kediaman semasa hidup]

Inilah rumah tinggal masa tua mereka, Sobina Sidung dan Gaspar Garung. Berapa cucu dilahirkan dan dibesarkan di sini termasuk Penulis. Foto berhasil diabadikan Penulis beberapa tahun silam. Rumah ini dirancang dan dibuat oleh saudara sepupunya dari Ranggi bernama Yohanes Ngagut. 

[Yohanes Ngagut]

Inilah saudara sepupu (kesa dari Gaspar Garung) Sobina Sidung bernama Yohanes Ngagut dari Ranggi selain sebagai designer juga sebagai kepala tukang yang mengerjakan rumah ini. Rumah ini kemudian menjadi peninggalan sejarah penting di masa depan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar