09/09/18

Sejarah Suku Ngawu di Manggarai, Flores.

Cerita Rakyat.

Ditulis oleh: 
Melky Pantur***),
Kamis (5/9/2013).
Diedit lagi oleh Penulis.
Ruteng.
Minggu, 9 September 2018.


Salah satu suku yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, NTT namanya Suku Ngawu. Cerita ini berawal dari orang Suku Ngawu hendak membuat lesung (ngencung dalam bahasa Manggarai-red). Bahan yang mereka ambil adalah dari jenis kayu Munting.
Beberapa anggota suku Ngawu yang memotong kayu tersebut lalu berunding bagaimana caranya agar pohon Munting tersebut tidak tersentuh tanah. Konon kayu tersebut terletak di tengah-tengah batu.
Saat mereka hendak memotong karena sudah ada kesepakatan bahwa tidak boleh tersentuh tanah dengan maksud pohonnya tidak pecah, maka beberapa anggota suku berusaha mengulur tangan dari bawah tanah menahan pohon tersebut.
Sayangnya, saat ditadah dengan tangan mereka, kayu yang begitu berat yang masih memikul daun rindang dan ranting-rantingnya itu jatuh ke tanah dan menimpa beberapa orang yang menada kayu tersebut. Dalam sekejap, beberapa penadah tersebut pun tewas di tempat kejadian.
(Sejarah ini berdasarkan tuturan langsung dari Bonefasius Fidelis (40) warga asal Lokot Rekas kepada media ini, Kamis (5/9/2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar