21/09/17

Poco, Golo dan Bea di Manggarai.

Ditulis oleh: Melky Pantur***, Jumat (22/9/2017). Tulisan disadur dari berbagai sumber.

Mengapa kita perlu menulis semua nama poco, golo dan bea di Manggarai raya, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia? Semua itu ditulis agar generasi Manggarai mengetahuinya. Dan, itu merupakan pengetahuan yang harus diketahui oleh generasi orang Manggarai di masa depan mengingat sudah banyak yang merantau, mengenyam pendidikan di dalam dan luar negeri sehingga nischaya amat mengabaikannya.

Onggokan poco dan deretan golo di sekitar Wae Rebo sebagai sumber mata air.

1]. Kabupaten Manggarai.

Pertama, poco.

Rutǝng [Rak, Likang]; Langke Rǝmbong [Mandusawu]; Satar Mese [Poco Leok]; Satar Mese Barat [Roko]; Lelak [Poco Ntalung].

Kedua, golo.

Ruteng [Timur, Worok, Warat, Tando, Wodong, Nawang]. Langke Rǝmbong [Golo Curu, Golo Lusang, Golo Rokat, Golo Dukal]; Satar Mese [Lando, Muntas, Ropong]; Wae Ri'i [Cador, Mendo, Nǝjang, Watu, Bilas, Wua, Golo Rongket]; Cibal [Ncuang]; Cibal Barat [Lanak, Woi].

Ketiga, bea.

Rutǝng (Bea Sampar, Nugi, Loro]; Cibal [Bea Mese];

2]. Kabupaten Manggarai Barat.

Pertama, poco.

Kuwus [Kuwus]; Lembor [Rutang]; Ndoso [Lesu]; Sano Nggoang [Poco Golo Kempo].

Kedua, golo.

Kuwus [Wǝlu, Golo Ntalung, Pua, Lewe, Poleng, Riwu, Ru'u, Wedong]; Boleng [Kǝtak, Sepang, Lujang, Garang]; Komodo [Bilas, Mori, Pongkor]; Macang Pacar [Lajang]; Sano Nggoang [Damu, Golo Cucu,, Dǝsat, Kǝmpo, Leleng, Manting, Mbu, Ndaring, Ndoal, Sembea, Sengang, Kondeng, Tantong]; Welak [Golo Ronggot]; Ndoso [Bore, Kǝli, Poleng, Ru'a].

Ketiga, bea. Kuwus [Bea Waek].

3]. Kabupaten Manggarai Timur.

Pertama, poco.

Borong [Ri'i, Ndeki]; Poco Ranaka [Lia];

Kedua, golo.

Borong [Kantar, Lalong, Loni, Meleng, Rotok, Karot, Rutuk, Koe, Golo Borong, Golo Lada]; Elar [Lebo, Lijun, Munde]; Kota Komba [Nderu, Ndele, Tolang, Golo Mǝni]; Lamba Leda [Lǝmbur, Mangung, Munga, Nimbung, Rentung]; Poco Ranaka [Lero, Lobos, Ndari, Nderu]; Sambi Rampas [Ngawan, Pari, Wangkung]; Elar Selatan [Linus, Wuas]. Rana Mese [Mongkok, Ros].

Ketiga, bea.

Borong [Bea Ngǝncung, Bea Hantar]; Poco Ranaka [Bea Waek];

--------------------------------------------------------------------------------

Dari data sementara di atas, nama bukit di Manggarai raya sebanyak 88 bukit (hills). Sedangkan, poco atau gunung berhutan berjumlah 13. Dari nama poco dan golo tersebut belum tertulis semua. Penulis masih mencari nama poco dan golo yang lain.


Sedangkan, soal nama wae barong di Manggarai akan diketahui sesuai dengan nama Gǝndang. Berapa pun nama Gǝndang, maka nama wae barong juga sebanyak itu ditambah dengan 
wae barong bangka.

Lodok lingko Mǝlǝr dipandang dari Villa Alam Flores dekat Mbohang.

Kebanyakan nama golo dan poco tersebut memiliki sejarah masing-masing dan dijadikan sebagai nama Desa di Manggarai raya. Dan, semua golo tercatat diperkirakan berjumlah ratusan. Dapat dipastikan dari ratusan golo tersebut terdapat pula ratusan mata air di Manggarai raya belum lagi dari wae barong.

Dari sekian banyak poco dan golo tersebut terdapat berbagai malar atau relung gunung dan relung bukit yang manghasilkan mata air. Salah satu "strategi pembangunan" ekonomi adalah memanfaatkan seluruh sumber mata air yang ada sebagai tonggak utama pertanian sehingga masyarakat begitu sejahtera.

©©©©©©©©©©©

Terima kasih banyak atas tambahan dari Keraeng Loddy Maris. Diharapkan ada teman-teman yang siap menambahkannya untuk menambah wawasan kemanggaraian generasi kita di Nuca Lale. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar