24/05/17

PULANG.

Ditulis oleh: Melky Pantur, Rabu (24/5/2017).

Ada ungkapan: "Pulang La Sana!". Atau ada pula ungkapan: "Empang bisa pukul cirit cakar jari tamak ciri diam timbang tambang mangan raga bara dari tenang tentang hilir riang".

Kedua ungkapan di atas pasti Anda memengertinya sebagai susunan kata-kata dalam bahasa Indonesia apalagi judulnya: PULANG.

Pasti Anda memahami pulang itu sebuah kata kerja atau verb yang dalam versi English dimengerti sebagai go back, come back, back to home, back to village.

Contoh kalimat:

I want go back to village to meet my sweet heart girl. She is my darling. I am longging for her cute lips, now! I want to make her pregnant and give me a son. Aku sekarang rindu pada bibirnya yang imut.

Artinya, aku ingin pulang ke kampungku bertemu dengan gadis kekasih hati, pacarku.  Aku sekarang rindu pada bibirnya yang imut. Aku ingin membuatnya mengandung dan memberikan saya seorang putera. Dengan demikian, di sini pulang berarti kembali.

Ungkapan ini:

"Pulang La Sana!".

Ini adalah ungkapan dalam bahasa Manggarai yang memaksudkan melaporkan kepada si Sana bahwa La sedang berkelahi dengan seseorang entah konco atau siapalah. Seseorang yang melaporkan itu misal namanya Juang. Juang ini mengatakan kepada Sana bahwa La tengah berkelahi. Pulang La Sana, artinya: Sana, si La tengah berkelahi! 

Kemudian ungkapan: "Empang bisa pukul cirit cakar jari tamak ciri diam timbang tambang mangan raga bara dari tenang tentang arit hilir riang ".

Penjelasan ungkapan kedua:

Empang itu nama orang bukan artinya mengetengahi, melerai. Bisa artinya anak kecil yang sudah mulai mengerti dan besar bukan artinya dapat atau bisa, can, be able to. Pukul artinya memungut sembari mengumpulkan lalu memikul bukan artinya memukul, pukul seseorang. Cirit artinya jadinya, hasil penanaman bukan kotoran hewan. Cakar artinya menjaga, seseorang menjaga bukan mencakar dengan kuku. Jari artinya tumbuhnya bukan jemari tangan.Tamak artinya agar tumbuh bukan artinya rakus. Ciri artinya jadi bertumbuh, menjadi 'orang', hidup bukan model atau tipe. Diam atau di'am artinya sudah jadi 'orang' bukan tidak buka mulut, tenang, calm. Timbang artinya sesuatu yang menyebabkan terjadi bukan menakar, menimbang atau consider.

[Pulang at koe reak so'o sua - kedua anak kecil ini tengah berkelahi]


Lalu....

Tambang artinya menambah bukan artinya menggali mangan, emas, nikel dan sebagainya. Mangan artinya adanya lebih sesuatu bukan mangan tambang. Raga artinya onggokan tanah yang menggembur ke atas dan terbelah karena ada umbi besar di dalamnya atau akibat kering kerontang yang disebabkan oleh musim kemarau panjang. Bara artinya akan sesuatu jadi atau tidak, bara juga artinya perut bukan bara api. Dari artinya menjemur badan bukan dari sebuah pertanyaan dari mana, of atau from. Tenang artinya mengingat, kangen rindu bukan berarti diam, pribadi yang calm, silent.

Dan....

Tentang artinya merajut, menganyam bukan tentang mengenai, about. Arit artinya menggores, membagi kecil-kecil dengan adil bukan seperti urat arit di kertas dengan ballpoint di atas kertas. Hilir artinya menjejaki, mengendus mencari sembari mengumpulkan dengan memilah-milah bukan hilir sungai di tepi pantai. Riang artinya menjaga, melindungi, memelihara bukan artinya gembira, cheering up.

Dengan demikian....

Empang bisa pukul cirit cakar jari tamak ciri diam timbang tambang mangan raga bara dari tenang tentang arit hilir riang artinya Empang yang sudah kian besar sudah dapat bekerja menghidupkan untuk menjaga agar tetap hidup dengan baik sesuai yang diharapkan sehingga semakin berkelimpahan makanan dari apa yang menjadi angan-angannya dengan menyulam sedikit sedikit dari apa yang dikumpulkannya demi keberlangsungan masa depan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar