02/02/19

Condo.

Ditulis oleh: Melky Pantur*** Selasa (14/2/2017).

Ini bahasa Manggarai. Kata ini terdiri dari beberapa kata: co, con, do dan ndo. Co artinya kenapa, bagaimana, misalnya: kenapa, bagaimana e? Lalu, con artinya kenapa sekali? Kemudian, do artinya banyak. Sedangkan, ndo artinya di sini.

Co dan con merupakan kependekan dari co'on. Kemudian, do artinya banyak. Lalu, ndo merupakan sebutan kolang ndo'o artinya di sini.

Nah, jika kita memperhatikan, condo artinya co'o ndo'o atau bagaimana di sini? Condo artinya menyerahkan sesuatu dengan berat hati, bisa juga menyerahkan sesuatu tanpa menyepakati bagaimana leko-nya atau membayarnya. Condo bisa juga menyerahkan 'sesuatu' terserah subyek yang menerimanya. Misalnya, condo molas. Bisa juga condo mantar.

Nah, condo bisa diterjemahkan dengan com ndo'o. Ekspresi ini menunjukkan keterserahan. Misalnya, com ndo'o kat kaeng hikeng ga - biar tinggal di sini saja  gadis anak gadis ini. Atau, com ndo'o kaut kaeng ite sua ge nana - biar kita berdua tinggal di sini saja nana.

Agar diketahui, condo dapat berarti kekecewaan. Misalnya, karena seseorang menuntut suatu pemberian hak, maka hak tersebut diserahkan begitu saja namun dengan berat hati dan bisa saja di kemudian hari akan dituntut.

Condo dalam konteks penyerahan warisan dalam keluarga oleh orang tua kepada putera mereka sesuai misalnya dalam konteks budaya Manggarai yang menganut sistim paternalistik disebut sor monggong nggelak nata. Sor monggong, nggelak nata artinya pemberian warisan orang tua bukan paeng kawe nata de ru'u. Maksudnya, bukan hasil pencarian sendiri. Condo di sini bisa sangat bersifat pemberatan karena mungkin belum saatnya atau ada kepentingan lain condo one mantar.

Arti lain condo bisa berarti penyerahan diri secara total misalnya kepada Tuhan. Lirik lagu ini: Tiba Mori condo de anakn Me merupakan bentuk penyerahan.   








Tidak ada komentar:

Posting Komentar