18/03/17

SOMBEK.

Ditulis oleh: Melky Pantur***, Minggu (19/3/2017).

Bagi orang Manggarai, kata ini pasti tidak asing terutama ata kokor gola - pemasak nira menjadi gula merah. Gola malang kerap itu disebut karena dicetak di mall. Sebutan paling populer saat kokor gola adalah la'it sombek - sombek itu sebenarnya senduk (spoon) orang Manggarai.

Bahan  dasar kokor gola, berupa pak, mince. Di sini pak ditaruh di mince. Pak sejenis pohon yang kulitnya wangi. Mince tersebut lalu di-kokor dan setelah kental taruh di galang. Mall bahasa Manggarai itu galang. Setelah di-galang lalu dibungkus dalam bentuk batangan dengan menggunakan pohon enau.

Orang Manggarai menyebut nama sombek begitu unik dan khas. Dan, nama tersebut baru bisa amat populer saat la'it gola.

Gola saat setelah masak diambil dengan menggunakan leke lalu menaruh di galang. Lalu, ata te bae la'it sombek kaut ata pande botangn gola.

Apa relevansi antara, sombek dengan realitas kehidupan? Ini agak ganjil, kok bukan la'it gola malahan la'it sombek? Namun, la'it gola itu umum sedangkan la'it sombek itu khusus. Apa yang khusus? Karena di sombek itu ada gula dan tampak dipakai saat kokor gola.

Sombek itu simbol ketabahan, kerelaan dan kebahagiaan termasuk rezeki. Bahan makanan paling manis di dunia adalah gula. Dan, di sombek itu gulanya enak. Sombek simbol kerelaan.

Ada ungkapan orang Manggarai: holes neho sombek, ler neho leke, tong neho gogong, wua neho rudang, lime neho mince, weki neho keli, gawas neho pak, caka neho galang, ceha neho leka, tura neho tuak, lor neho lombong, cung neho wunut, coko neho longko, ro'ang neho owak, ruis neho suik, cimang neho rimang neho rimang rana.

Tuak atau enau sebagai simbol kerelaan, pemberian yang cuma-cuma. Itulah filosofi enau.

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kehidupan orang seperti la'it sombek. Begitu gulanya habis di sombek, lalu sombeknya dibuang. Ada ungkapan: mas berdana disayang-sayang, mas tak berdana ditendang lantar.

Note:

1] Lait artinya makan dengan cara diambil dengan lidah.
2] Kokor artinya masak.
3] Ata artinya orang.
4] Leke artinya tempurung kelapa.
5] Ate bae la'it sombek kaut ata pande botangn gola - ulah orang yang hanya tahu lait   sombek saja yang membuat masakan gula habis.
6] Gola artinya gula.
7] Gogong atau rudang adalah tempat menyimpan air yang terbuat dari bambu besar.
8] Holes neho sombek artinya memutar badan seperti sombek, pembawaan tidak boleh lembek, harus tegar dalam situasi apapun; ler neho leke  artinya seperti tempurung yang berguna; tong neho gogong artinya menadah seperti gogong; wua neho rudang artinya berisi seperti rudang; lime neho mince artinya tangan yang suka memberi atau membantu; weki neho keli artinya bisa merangkul semua orang; gawas neho pak artinya pembawaan yang disukai oleh semua orang; caka neho galang artinya hidup itu mampu 
menerima semua resiko; ceha neho leka artinya dapat menyimpan seluruh rahasia dan menjadi pelindung; tura neho tuak artinya bisa menjadi medium rekonsiliasi atau menghadirkan kedamaian; lor neho lombong artinya tumbuh seperti pucuk enau; cung neho wunut artinya menjadi pelindung dan peneduh yang kuat; coko neho longko artinya berbuah seperti buah enau; ro'ang neho owak  artinya hidup harus memberikan kehidupan bagi yang lainnya; ruis neho suik artinya bersatu padu; cimang neho rimang neho rimang rana artinya keras seperti batang ijuk yang hitam namun yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar